Wednesday, October 31, 2012

STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM


STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM

Tentu banyak sekali orang yang ingin mencoba untuk berbisnis jamur tiram karena mengingat prospek kedepannya terlihat sangat menjanjikan. Selain itu, modal yang dibutuhkan tidaklah banyak. Meski begitu, bisnis jamur tiram tidak dapat dibilang mudah, namun sebenarnya tidak sulit juga.

Berikut sedikit tips yang dapat saya rekomendasikan untuk anda yang berjiwa bisnis dan ingin mencoba bisnis jamur tiram.

  1. Survey ke pasar setempat apakah sudah ada pemasaran jamur tiram, seberapa besar kebutuhannya(permintaan konsumen), dan bagaimana sistemnya.
  2. Kita juga perlu membidik beberapa segmen yang lainnya seperti, warung, rumah makan, outlet-outlet jajanan (seperti jamur goreng, tahu goreng), supermarket, catering, dan sebagainya untuk dijadikan objek alternative. Banyak sekali alternative yang dapat dipilih, seperti :
-          pasar tradisional
-          warung
-          rumah makan
-          outlet nasi goreng
-          outlet jamur krispi,tahu krispi,singkong goring plus jamur
-          outlet martabak
-          usaha catering
-          supermarket

  1. Ikut plasma saja bila tidak ingin menanggung resiko yang besar. Memang resikonya sangat kecil, kita tidak perlu berfikir pada masalah pemasaran dan semua hasil panen jamur diterima. Namun memang, harga jamur tiram yang diterima juga tidak akan mahal, hanya sampai Rp 6000,00 saja pada akhir 2008.

0 komentar:

Post a Comment